Rabu, 27 Januari 2010

Di Balik Cahaya Bintang


Langkahnya mantap menyusuri semak pepohonan liar di sudut tanah lapang tak jauh dari tempat pembuangan sampah, terik matahari tampaknya terbiasa membakar tubuh kecilnya hingga cucuran keringat di wajahnya terus ia seka dengan jari-jari kotornya.

Sisi lain kota Jakarta yang terus menggembos pembangunan gedung-gedung bertingkat, sehingga lahan bermain untuk anak-anak sangat sulit ditemui. Alhasil, setiap lahan yang yang ada, meski tempat pembuangan sampah menjadi salah satu tempat alternatif bermain bagi sebagian anak di Jakarta.

“Hup..! hehe..udah banyak nih Capung… wah, ada Capung kecil warna biru. Hmmm…Yup..Dapet !!!” soraknya kegirangan

“Raniiiii…pulang lo, dicariin Emak tuh, maen terus!,”
“Sssstt…jangan berisik Cup, nanti Capungnya pada terbang,”
“Emang mau diapain tuh Capung, Lalet, terus apa lagi tuh?,” tanya Ucup heran melihat apa yang dilakukan Rani

Belum sempat Rani menjawab pertanyaan Ucup, tiba-tiba terdengar suara Emak
“Raniii….mau pulang g? gimana sih, pulang sekolah bukannya ganti baju, eh malah langsung maen, kan kamu lagi testing, kenapa gak belajar? Contoh dong temen-temen kamu yang laen,”
“iye Mak..”
“Iye..iye aja..”
“Rani gak suka belajar Mak, pagi-pagi aku udah sibuk bantuin Emak, terus pas jam istirahat sekolahpun aku gak bisa maen, karena jualan donat bikinan Emak, nah jadi pulang sekolah aku mau maen Mak…”
“Tapi kan sekarang kamu udah kelas enam Ran, jangan maen mulu,”

Rani kecil sudah terbiasa berjualan di sekolah, bahkan sempat berjualan nasi bungkus di tempat Bapaknya bekerja sebagai buruh bangunan.

“ Mak, kalo aku udah lulus SD, entar SMP sekolah dimana Mak?”
“Gak tau Ran, Emak juga bingung, duit dari mana buat daftar SMP kamu nanti, bayaran sekolah kakak-kakak kamu aja masih pada nunggak,”


***
Pagi itu…Rani melipat beberapa pakaian lalu disusunnya ke dalam tas, di luar sana sudah ada dua orang temannya menunggu.

“Hati-hati di sono yah Ran, jangan kebanyakan maen, sebenernya emak gak tega kalo kamu tinggal di Panti Asuhan, tapi Bapak ama Emak emang gak bisa nyekolahin kamu,”

Rani hanya mengangguk sambil tersenyum menatap Emak

“Ria, Juju, nitip Rani yah…ingetin dia, jangan maen terus di sono,”
“Iya Mak,”

Kehidupan di Panti Asuhan membuat Rani mudah bersosialisasi dan mengenal berbagai macam karakter orang lain. Rani pun tumbuh menjadi remaja aktif dan lincah.

Beberapa tahun kemudian, Panti Asuhan tempatnya tinggal digusur karena akan dibangun sebuah Rumah Sakit milik pemerintah daerah. Semua penghuni Panti pun pindah ke tempat yang baru, namun Rani dan beberapa temannya memilih pulang ke rumah masing-masing karena telah lulus SMA.


***
“Tapi Mak, aku gak mau kerja di tempat begituan, pake rok pendek, dandan, aaah…ga mau mak…” rengek Rani saat disuruh Bapak dan Emak kerja di Bilyard

“Yah, gitu doang, kan yang penting tetep sholat Ran, kalo mau milih-milih mah kapan dapet kerja?”

Suasana hening seketika, ingin rasanya Rani pergi melepas penat di jiwanya ke tanah lapang tempatnya menangkap Capung dulu, bermain, berlari tak kenal lelah, seringkali beling dan paku melukai kaki kecilnya, karena memang ia jarang memakai alas kaki. Ah, namun semua telah berubah, tanah lapang telah menjadi deretan rumah kontrakkan yang semakin memenuhi sudut Jakarta.

“Maapkan Rani Mak, kalo belum bisa membuat kalian bangga…” ucap Rani dalam hati, yang kemudian terlelap dalam hening

“Ran, bangun Ran, pindah sono ke dalem kalo mau tidur,” Emak menggoyangkan kaki Rani yang rupanya tertidur di bale depan rumah

***
“Janji yah Cup, jangan kasih tau Emak ama Bapak dulu yah…entar pasti mereka gak ngebolehin…” pinta Rani pada Ucup
“ Iye, tapi ada syaratnya,”
“Apaan?,”
“Beliin layangan yah….”
“Hahaaa…okelah…”

Rani bergegas menelusuri lorong-lorong sempit sebagai jalan pintas menuju pusat pembelajaan, karena sebentar lagi toko tempatnya bekerja akan dibuka, ia tak mau telat pada hari pertamanya bekerja sebagai penjaga toko pakaian.

Jarum jam menunjuk pada angka sembilan, usai menutup toko, Rani berpamitan untuk pulang ke rumah, sepanjang jalan sesekali ia melihat ke atas, melihat kerlip bintang yang menghiasi langit malam.

***
“Nyok..! sekarang kan?”
“Ssst…iye iye, jangan berisik dong Cup,”
“Ups…mangap, eh..maap…” ujar Ucup sembari melipat kedua tangannya sejajar dada, lalu menggoyang-goyangkannya.

Diperjalanan, Rani banyak terdiam, tak dipedulikannya Ucup yang terus berbicara tentang apa saja yang dilihatnya dari dalam bus yang penuh sesak.

“Entar kalo lulus gimana Ran? Emang lo ada duit buat bayar? Paling gaji dari jaga toko masih kurang,”
“Udeh, jangan nanya mulu, dikit lagi kita nyampe, nyok siap-siap”

Tak lama berselang, Rani dan Ucup sudah ada dikerumunan orang yang sedang melihat hasil pemgumuman tes SPMB di Universitas Islam al-Banna Jakarta.

“Cup…Cup…perasaan ni kaki kaga napak deh….”
“Wah, selamet yah Ran, akhirnya elo jadi mahasiswi juga…cieee,” ledek Ucup
“Allahu Akbar…Alhamdulillah Cup,”
“Kira-kira kalo Bapak ama emak lo tau, gimana yah?”
“Doain aja Cup, semoga mereka ngijinin kuliah,”

Rani bertekad setiba di rumah nanti, ia akan menyakinkan ke dua orang tuanya tentang keinginannya untuk mewujudkan impian-impiannya.

***
“Trus nanti buat biaya kuliah, dari mana Ran? Bukannya Bapak ama Emak gak setuju, tapi lebih baik Rani kerja aja, daripada putus kuliah ditengah jalan,”

“Bapak ama Emak gak usah khawatir tentang biaya kuliahku nanti, yang aku ingin cuma doa restu dari Bapak ama Emak, supaya Rani bisa ngelanjutin pendidikan ke perguruan tinggi,itu aja...Rani akan berusaha sendiri nyari uang buat biaya kuliah”

Setiap detik terasa lama di malam itu, arti diam Emak dan Bapak entahlah,,, apa artinya?
Rani pun hanya tau disela-sela daun pohon jambu, seolah bintang tersenyum padanya dan mengatakan…. “Jangan berhenti mengejar mimpimu…”

*(batt)*

1 komentar: