Minggu, 14 Februari 2010

Tips Menempuh Ujian


Dag…dig..dug….
Dag… dig.. dung….
Kedomprang…!!!!!  -_-‘)

Ahaaa…!!!! Kenapa sampe segitunye???
Waah…ternyata sahabat kita yang kelas tiga SMP dan SMA sedikit lagi mau menghadapi ujian yah? Daripada kita stress menghadapi ujian atau sibuk dengan nada jantung kita yang selalu berbunyi dag dig dung…., mending moment ujian nanti kita hadapi dengan senyuman sehingga dapat membantu otak kita agar lebih fresh….
Iya kan??? ^_____^

Karena cintanya dengan sahabat ABG, kali ini Tim Bina ABG mau berbagi tips-tips buat kalian dalam menghadapi ujian nanti….

  1. Periksa kembali catatan kalian, pastikan semuanya lengkap. Buat skema yang memudahkan kalian mengerti poin-poin dari setiap materi pelajaran. Nah, buat kamu yang kaga suka nyatet, itumah DL deh… (heheee….) ayoooo…masih ada waktu meminjam catatan dari teman. Jika kamu tidak suka mencatat, kamu bisa siasati dengan merekam saat guru memberikan materi.

  1. Pelajari lagi yang belum dipahami. Kamu bisa minta bantuan ponakan, si embah, atau adik bayi untuk ngajarin kamu..(Ups…Just kidding :-D) maksudnya, teman atau kakak yang mengerti pelajaran tersebut. Gak usah malu-malu bertanya daripada nanti kamu nyesel…

  1. Sediakan waktu yang cukup, minimal seminggu untuk membaca kembali buku dan mengulang kembali setiap pelajaran, agar kamu benar-benar paham. Jangan pake SKS (sistem kebut semalam) yah….!

  1. Nah, untuk jenis pelajaran hitung-hitungan, jangan lupa terus melatih dengan soal-soal agar kamu terbiasa dalam memecahkan soal-soal tersebut. Sedangkan untuk pelajaran yang banyak teori, kamu harus membaca hingga kamu benar-benar paham, jika kamu sudah memahami, kamu bisa membuat kata kunci untuk memudahkan mengingatnya.

  1. Jangan terlalu diporsir..! ingat,, tubuh dan otak kita pun butuh istirahat. Gak ada salahnya jika kamu sudah mulai lelah dan jenuh, kamu bisa mendengarkan nasyid atau mencari hiburan yang bisa bikin kita fresh lagi…misalnya ngisengin temen…(heeeheee… yg ini jangan ditiru yah).

  1. Pastikan alat tulis kamu lengkap. Jangan sampai disaat ujian nanti kamu kebingungan gara-gara pensil atau penghapusmu ketinggalan, sehingga mengganggu teman yang sedang ujian.

  1. Yang ini gak kalah penting…jangan lupa berdoa dan perbanyak ibadah…!!! Misalnya shaum sunnah, sholat malam, dsb. (yakinkan dalam diri bahwa Allah akan memberikan hasil yang terbaik)

  1. Minta doa dan dukungan dari orang-orang terdekat, misalnya keluarga dan sahabat…kamu bisa mengirimkan sms atau menelpon sahabatmu untuk memberi kabar saat ujian nanti (percaya deh..sahabat yang baik akan dengan senang hati mendoakan kamu)

  1. Saat ujian nanti, ketika kamu melihat lembaran soal-soal, gak usah panik atau kaget jiak soal ujiannya susah. Tarik napas dalam-dalam, kemudian tersenyumlah….(Inget..!!! senyumnya jangan lama-lama yah…entar waktunya habis terbuang gara-gara kebanyakan senyum-senyum doang)

  1. Baca basmallah, berdoa kepada Allah agar terhindar dari lupa dan dimudahkan untuk mennjawab soal-soal tersebut.

  1. Eitsss…inga…inga…Ting !!! Say no to Nyontek….!!! Jangan jadi pecundang gara-gara kamu tergoda untuk menyontek.

  1. Jangan tergesa-gesa. Teliti kembali sebelum mengumpulkan kertas jawaban.


Ckckckckck…. Ini tips apa teks pidato??? Hehee buanyak buangaeeeet….
Yah namanya juga saking cintanya sama sahabat ABG.
Ok deh… selamat menempuh ujian yah…
SEMANGKA…!!!!! ^_____^

*(batt)*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar