Rabu, 06 Januari 2010

Sekilas Bina ABG

Generasi muda merupakan asset berharga bagi bangsa. Pendidikan merupakan keniscayaan dalam agenda perbaikan bangsa. Karenanya berbagai upaya yang mengokohkan pendidikan sebagai sebuah inventasi penting dan prioritas dalam pembangunan bangsa perlu terus ditingkatkan. Salah satu upayanya adalah dengan penggalangan potensi Charity melalui program beasiswa yang membantu biaya pendidikan para pelajar Yatim dan dhuafa yang berpotensi.

Yayasan Hidayatul Islam Jakarta yang bergerak dalam bidang sosial, pendidikan, dan dakwah Islam, Al hamdulillah telah memulai langkah untuk membantu biaya pendidikan siswa-siswa berpotensi, sekaligus melakukan upaya pembinaan terpadu bagi mereka dengan capaian kompetensi keislaman, kepemimpinan dan entrepreneurship melalui program Bina Akhlak Bangun Generasi (Bina ABG).

Besar harapan program ini dapat turut memberi inspirasi bagi semangat perbaikan dunia pendidikan generasi muda kita, sehingga tentunya berbagai pihak yang peduli pada upaya perbaikan tersebut dapat menjalani kerjasama untuk turut mengembangkan program ini.

Dalam laporan ini kami sampaikan beberapa program yang telah kami laksanakan, semoga dengan laporan ini juga dapat memberikan pencerahan bagi pelaksanaan program baik berkenaan dengan pengelolaan maupun kualitas dan kuantitas program ini.


VISI

Menjadi pusat pembinaan terpadu bagi generasi muda Indonesia sehingga menghasilkan generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia, mandiri, cerdas secara emosional maupun akademik, menjadi generasi super-generasi rabbani.

MISI

  1. Memberikan beasiswa kepada pelajar berprestasi tingkat SLTA, yatim atau dhu’afa.
  2. Melakukan usaha pembinaan pelajar tingkat SLTA dengan penekanan akhlak, melatih kecerdasan emosional dan mendorong keberhasilan dalam bidang akademik.
  3. Menumbuhkan jiwa kemandirian, minat dan keberanian untuk berwirausaha dengan bekal-bekal enterpreneurship.

4. Memberikan pelatihan keterampilan/keahlian kepada peserta program

Program-program yang di schedulekan diantaranya

· Islamic Mentoring

· Kajian Dasar Keislaman

· Motivation Training,

· Leadership Training

· Entrepreneurship Training

· Ramadhan Ceria

· Islamic Super Camp

· Study Qur’an

Indikator keberhasilan Program

· Terbantunya anak yatim dan dhu’afa dalam menghadapi biaya pendidikan mereka.

· Tumbuhnya motivasi dan kepercayaan diri yang kuat dalam diri peserta untuk berkompetisi dan meraih sukses dalam kehidupannya.

· Peserta bersemangat untuk mengamalkan ajaran Islam yang rahmatan lil ’alamin .

· Tumbuhnya jiwa kepemimpinan dan kemandirian dalam diri peserta sekaligus memiliki semangat untuk terus mengembangkannya.

· Peserta mampu membaca Al-Quran dengan Tajwid yang baik dan benar dengan target hafalan minimal juz 30,dapat memahami dan mengaplikasikan ajaran Alqur’an pada kehidupam sehari-hari dan menjadikan Alqur’an sebagai solusi problematika kehidupan.

· Peserta mempunyai skill dan memiliki daya saing untuk bekal masa depan

Program yang telah terlaksana dari bulan Agustus – Desember

* Pemberian Beasiswa Agustus s.d November

* Mentoring,

* Tahsin/Hafalan juz 30

* Motivation Training

* Leadership Training

* Penguatan Tim Pembinaan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar